Selamat Datang Di Blog MA Madarijul Huda Kembang Pati

Jumat, 22 Oktober 2010

Bagaimana Menjadi Generasi Muslim Yang Cerdas Dan Islam

Posted on 20.33 by MA KEMBANG ok

Menjadi ganerasi ulul albab yang sukses tidaklah mudah kita harus dapat melalui beberapa hal untuk mencapai kesuksesan ala ulul albab.Banyak kesuksesan yang terjadi dalam kehidupan namun yang perlu dipertanyakan apakah kesuksesan ala ulul albab adalah kesuksesan yang seimbang (balace) antara 2 kutub yaitu zikir (rohani) dan pikir/amal sehingga kesuksesan yang diraih benar-benar tidak berhenti yang berarti kesuksesan yang sampai akhir hayat.

Generasi adalah penerus tongkat estafet perjuangan bangsa yang merupakan generasi harapan dan tumpuan bangsa.
Ulul albab itu sendiri berarti orang-orang yang memiliki akal yang murni yang tidak diselubungi oleh “kulit” yakni kabut idea yang dapat melahirkan kerancuan dalam berfikir.sedangkan menurut ustad Quraish mengatakan bahwa ulul albab adalah orang yang memiliki akal pikiran murni yang berarti pikirannya tidak diliputi oleh kabut-kabut kebohongan, serta mampu melawan hawa nafsu.

Ulul albab memiliki tiga ciri-ciri karakteristik yang sedimikian seimbang, manusia tidak hanya berfikir tatapi juga berbuat (kreatif). Sehingga generasi ulul albab adalah generasi yang mampu menggunakan potensi qolbu, otak dan kerja sekaligus secara seimbang atau generasi yang mau berzikir,berfikir dan bekerja secara seimbang.

Cara Mengembangkan Zikir, pikir, dan Aksi

Jika kita ingin menjadi manusia sesungguhnya sesuai dengan anugerah yang diberikan Allah SWT. Maka, kita harus berusaha mengembangkan tree in one yaitu berzikir (kalbu), berfikir (rasa/pikiran) dan berbuat kreatif.

1. Zikir
Zikir berasal dari kata Al Dzikru yang berarti mengingat
zikir dapat dilakukan dengan 3 cara :

a. Berzikir dengan hati
Zikir dengan hati maksudnya adalah menggantungkan hati dan fikiran kepada Allah karena memperatikan kebesaan dan kekuasaan cipa-Nya.

b. Berzikir dengan hati
Zikir dengan lisan ialah dengan cara menyebut asma Allah atau mengucapkan kalimat-kalimat tayyibah.contoh.

c. Berzikir dengan perbuatan
Zikir dengan perbuatan dapat dilakukan dengan cara mengerjakan semua perintah-Nya dan menjahui semua larangan-Nya.

2. Berfikir
Berfikir adalah menghasilkan sesuatu yang berguna untuk kesejahteraan.

3. Aksi
Berbuat dalam bahasa agamanya disebut beramal adalah perwujudan dari idea.


Upaya Mempertajam Hati dan Otak Agar Sukses.

Otak dapat di optimalkan kerjanya dengan cara :
• Perangsangan dengan sering pengguaan
• Ciptakan suasana yang aman dan ceria
• keseimbangan otak kanan dan kiri
• penciptaan suasana alfa(kondisi tenang)
• Pemanfaatan gaya belajar yang khas.

Orang dalam mencapai kesuksesan dapat dilakukan dengan bentuk hal asal ada niat, tekat dan usaha namun juga dapat dengan : 

a. merubah cara berfikir kita seperti ajakan Nabi Muhammad untuk merubah cara berfikir. Perubahan itu harus mulai dari keinginan yang kuat dari diri masing-masing. Tuhanpun tidak bisa merubah keadaan kita, kalau kita sendiri tidak mau merubah cara berfikir kita. Tetapi dengan adanya perubahan cara berfikir kita bisa berkembang lebih maju 

b. Membentuk kebiasan
Kebiasaan adalah sesuatu yang kita lakukan. Dalam kehidupan manusia kebiasaan memiliki pengaruh yang besar 10 kebiasaan yang membuat kita sukses itu adalah:
1. Kebiasaan berusaha mencapai keunggulan.
2. Kebiasaan menentukan tujuan.
3. Kebiasaan menyusun prioritas.
4. Kebiasaan membuat rencana.
5. Kebiasaan konsentrasi.
6. Kebiasaan manajemen waktu.
7. Kebiasaan berjuang melawan diri sendiri.
8. kebiasaan kepiawaian berkomunikasi.
9. kebiasaan berfikir positif’
10. Kebiasaan menjaga keseimbangan


Oleh : Ani Maghfiroh Kelas XI PK
Disadur dari Buku : “ULUL ALBAB” GENERATION BE SUCCES! (Seimbangkan zikir,pikir,dan aksi)
Pengrang : Drs.Mahfud.


Download Artikel ini...



Bagaimana Menjadi Generasi Muslim Yang Cerdas Dan Islam.doc

No Response to "Bagaimana Menjadi Generasi Muslim Yang Cerdas Dan Islam"

Leave A Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Imagen 2
Pada hakekatnya, berdirinya Madrasah Aliyah Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati merupakan kesinambungan Program Pendidikan yang di selenggarakan oleh sebuah Yayasan yang bernama “ YAYASAN PENGEMBANGAN MADRASAH MADARIJUL HUDA “ dimana Yayasan tersebut mengelola RA, MI, MTs, MA dan SMK dan Pondok Pesantren Putra-Putri. Cikal bakal lembaga tersebut adalah sebuah Madrasah Diniyyah Salafiyyah yang didirikan oleh KH. Hasbullah pada tahun 1947, MTs. Salafiyyah tahun 1955 kemudian disusul berdirinya Pondok Pesantren Putra tahun 1960. Pada masa itu semua lembaga pendidikan menggunakan Kurikulum Kombinasi dari Kurikulum Depag dan Kurikulum Salaf sampai sekarang. Madrasah Aliyah Madarijul Huda pertama kali didirikan pada tahun perlajaran 1985/1986 sebagai kelanjutan dari jenjang MTs oleh KH. Abdullah Zawawi Hasbullah, selaku ketua Yayasan Pengembangan Madrasah Madarijul Huda pada waktu itu. Kemudian pada tahun 1990 mendapat status “terdaftar “ dengan piagam nomor: WK/S.D/209/PGM/MA/1990, TANGGAL 27 Juli 1990. Untuk kali pertama mengikuti “Ebtanas“ bergabung dengan MAN 01 Semarang filial Tayu. Pada saat itu juga Hj. Roihanah Hasbullah mendirikan Pondok Pesantren Putri sebagai sarana pelengkap dan pendukung kegiatan belajar yang di Madrasah pada tahun 1995/1996, Yayasan Pengembangan mendirikan MAK , dengan mendapat ijin operasional dari Kanwil Depag jawa Tengah 21 Januari 1998 Nomor: WK/5.d/P.P.00.6/MAK/0032/OPS/98. Dan pada tahun 1999, MA Madarijul Huda mendapatkan status “ Diakui” dari Dirjen Binbaga Islam Depag Republik Indonesia dengan SK No:E.IV/PP.006/Kep/34/99 tanggal 23 Maret 1999.